Asia Pacific Internet Group (APIG), yang bertugas menangani semua aktivitas Rocket Internet di kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia, berencana meluncurkan layanan financial technology (fintech). Informasi tersebut disampaikan secara singkat oleh CEO Asia Pacific Internet Group Hanno Stegmann di sela-sela kegiatan Global Ventures Summit 2017. Sejauh ini APIG belum mau memberikan detil informasi tentang apa subsektor fintech yang bakal disasar.

“Tentunya saya cukup excited dengan rencana dari APIG terkait dengan layanan fintech yang akan kami luncurkan. Namun karena saat ini masih dalam tahap penjajakan kami masih belum bisa menyampaikan informasi lebih lanjut,” kata Hanno.

Selama ini Rocket Internet fokus ke layanan e-commerce dan listing untuk pasar di Asia. Pencapaian Lazada sebagai startup unicorn dan akuisisi oleh Alibaba diklaim menjadi prestasi yang cukup membanggakan bagi APIG.

“Meskipun kami mengalami beberapa kegagalan, namun dengan keberhasilan yang telah diraih oleh Lazada menjadikan APIG lebih eksis dan cukup kredibel hingga kini, terutama di Asia Tenggara,” kata Hanno.

APIG sendiri memastikan Indonesia adalah pasar penting dan terus berperan aktif dalam ekosistem startupnya.

“Selama ini APIG telah memberikan investasi yang cukup banyak di Indonesia, sedikitnya sudah 3-4 kali investasi di indonesia tahun lalu. Kami merasa cukup aktif di ekosistem startup Indonesia saat ini,” kata Hanno.

Masa depan Zalora

Jika sebelumnya diberitakan Zalora Indonesia mengalami kendala menjalankan bisnis dan berencana akan dijual, hal tersebut dibantah Hanno. Kepada DailySocial Hanno mengungkapkan dua bulan lalu tim APIG baru saja menerima laporan terkini Zalora yang menunjukkan pertumbuhan yang baik. Setelah menjual bisnisnya di Vietnam dan Thailand tahun lalu, layanan fashion commerce Zalora telah menjual bisnisnya di Filipina.

“Kami cukup optimis dengan Zalora dan Global Fashion Group, terutama dengan makin membaiknya pertumbuhan bisnis Zalora di Indonesia. Untuk selanjutnya kami akan fokus ke core market Zalora di Indonesia dan akan terus berinvestasi kepada Global Fashion Group,” kata Hanno.

Selain Zalora, APIG masih memiliki beberapa startup aktif di Indonesia, termasuk Lamudi, Carmudi, Lyke dan ZenRooms.